Mata Air Bismillah

Sungguh Allah telah menganugerahkan bismillaahirrahmaanirrahiim kepada umat muhammad SAW, dari tulisan basmalah itu bersumber mata air 4 sungai..

Sebagaimana diriwayatkan oleh Nabi SAW bahwasanya beliau bersabda:

“Dimalam ketika aku di-isra-kan ke langit, turunlah Jibril menjemputku dan berkata: “Wahai Muhammad, bukalah kedua matamu”, lalu aku membuka mataku dan melihat sekelilingku, tiba-tiba saja aku sudah berada didekat sebuah pohon yang besar dan didekat pohon tersebut terdapat kubah dari mutiara putih, pada kubah itu terdapat pintu yang terbuat dari emas merah.. jika saja berkumpul seluruh makhluk di dunia, dan mereka menaiki kubah itu, mereka bagaikan burung-burung yang duduk diatas gunung atau bagaikan orang yang berenang di lautan..

Lalu aku melihat sungai-sungai ini mengalir ke kubah tersebut..  Lalu ketika aku hendak kembali, Jibril berkata kepadaku : “hendak kemana engkau pergi..? tidakkah kau ingin memasuki kubah itu?”

maka aku menjawab: “Wahai saudaraku, Wahai Jibril, bagaimana aku bisa memasukinya, sedangkan diatasnya terdapat gembok yang terbuat dari emas?”

Lalu JIbril menjawab: “bukalah pintu tersebut, karena sesungguhnya kuncinya adalah bismillaahirrahmaanirrahiim”

Lalu aku melihat sungai dari air mengalir dari huruf mim lafazh Bismi..

Dan aku melihat sungai susu, mengalir dari huruf Ha lafazh Allah..
Dan aku melihat sungai khamr, mengalir dari huruf Mim lafazh ar-Rahmaan..
Dan aku melihat sungai madu, mengalir daro huruf Mim lafazh ar-Rahiim..
Maka kini aku tahu, bahwa sungai-sungai ini bersumber dari Bismillaahirrahmaanirrahiim”
-demikian uraian Syeikh al-Fasyaniyoleh karenanya, sebaiknya dalam menulis basmalah, jelaskan lobang tiap-tiap huruf yang berlobang, yaitu Mim dan Ha

Populer